BARATA CIRCLE

Pentingnya Diversifikasi

 


Pengertian diversifikasi adalah tindakan membuat segala sesuatu menjadi lebih beragam dengan tujuan agar tidak terpaku pada satu hal saja.

Jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang!” Anda mungkin pernah mendengarnya berulang kali sepanjang hidup Anda ... dan ketika tiba saatnya untuk berinvestasi, itu sangat benar. Diversifikasi adalah kunci untuk investasi yang sukses. Semua investor yang sukses membangun portofolio yang terdiversifikasi secara luas, dan Anda juga harus melakukannya!

Diversifikasi investasi Anda mungkin termasuk membeli berbagai saham di banyak industri yang berbeda. Ini mungkin termasuk membeli obligasi, berinvestasi di rekening pasar uang, atau bahkan di beberapa properti nyata. Kuncinya adalah berinvestasi di beberapa bidang berbeda - bukan hanya satu.

Seiring waktu, penelitian telah menunjukkan bahwa investor yang memiliki portofolio yang terdiversifikasi biasanya melihat pengembalian investasi yang lebih konsisten dan stabil daripada mereka yang hanya berinvestasi dalam satu hal. Dengan berinvestasi di beberapa pasar yang berbeda, Anda benar-benar akan kurang berisiko juga.

Misalnya, jika Anda telah menginvestasikan semua uang Anda dalam satu saham, dan saham itu mengambil risiko yang signifikan, Anda kemungkinan besar akan menemukan bahwa Anda telah kehilangan semua uang Anda. Di sisi lain, jika Anda telah berinvestasi dalam sepuluh saham yang berbeda, dan sembilan melakukannya dengan baik sementara satu jatuh, Anda masih dalam kondisi yang cukup baik.

Diversifikasi yang baik biasanya akan mencakup saham, obligasi, properti riil, dan uang tunai. Mungkin perlu waktu untuk diversifikasi portofolio Anda. Tergantung pada seberapa banyak Anda harus berinvestasi, Anda mungkin harus mulai dengan satu jenis investasi, dan berinvestasi di bidang lain seiring berjalannya waktu.

Ini tidak apa-apa, tetapi jika Anda dapat membagi dana investasi awal Anda di antara berbagai jenis investasi, Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki risiko lebih rendah kehilangan uang Anda, dan seiring waktu, Anda akan melihat hasil yang lebih baik.

Para ahli juga menyarankan agar Anda menyebarkan uang investasi Anda secara merata di antara investasi Anda. Dengan kata lain, jika Anda mulai dengan $ 100.000 untuk berinvestasi, investasikan $ 25.000 dalam bentuk saham, $ 25.000 dalam properti riil, $ 25.000 dalam obligasi, dan masukkan $ 25.000 dalam rekening tabungan dengan bunga.