Mencegah Gejala Penyakit Jantung dan Stroke


Gejala Penyakit Jantung – Tahukah Anda salah satu penyebab kematian tertinggi diseluruh dunia adalah penyakit kardiovaskuler. Kardiovaskuler ialah penyakit yang tidak menular dan merupakan jenis penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Angka kematian  yang terjadi akibat kardiovaskuoler di seluruh dunia mencapai 30%, berdasarkan laporan dari WHO pada tahun 2004. Itu berarti setiap dua detik sekali terjadi kematian yang diakibatkan kardiovaskuler,  setiap lima detik sekali terjadi serangan jantung dan setiap enam detik terjadi serangan stroke. Dapat Anda bayangkan, berapa banyak orang yang meninggal hanya dalam hitungan 10 menit. Berikut ini adalah Gejala Penyakit Jantung

Cara Mencegah gejala penyakit jantung

Berdasarkan data yang didapat dari World Health Organization (WHO), penyakit kardiovaskuler sudah merenggut sebanyak 17,7 juta nyawa pertahunnya. Dari data angka kematian yang didapat ini, lebih dari separuhnya disebabkan oleh penyakit stroke dan jantung koroner. Angka kematian ini diperkirakan bisa terus meningkat hingga 23 juta jiwa di tahun 2030, jadi sebaiknya mulai saat ini kita mulai mengetahui cara untuk mencegah gejala penyakit jantung dan stroke.

1. Perhatikan gejala-gejala umum yang mungkin timbul

Mewaspadai adanya perubahan yang terjadi dalam tubuh pada dasarnya wajib dilakukan oleh siapa saja agar bisa berjaga-jaga. Jadi yang harus waspada bukan hanya untuk orang-orang yang berisiko akan terkena penyakit jantung saja. Cara mudahnya untuk memperhatikan gejala yang mungkin bisa timbul kapan saja dalam tubuh adalah membuat catatan tanda-tanda yang kita rasakan seperti dada terasa sakit, sulit menarik nafas atau sesak saat beraktifitas dan tidur, pembengkakan pada tangan dan kaki serta gejala-gejala lainnya yang mungkin bisa timbul kapan saja.

2. Rajin berolah raga setiap hari

Rajin melakukan olah raga secara rutin dapat membawa manfaat yang baik bagi tubuh, selain bisa mencegah gejala penyakit jantung dan stroke tubuhpun menjadi lebih sehat dan jantung bisa terjaga kebugarannya. Sempatkanlah waktu olah raga setiap hari minimal 30 menit, lakukan olah raga apa saja yang bisa Anda lakukan, pilihlah jenis olah raga yang paling Anda sukai agar kegiatan berolah raga terasa nyaman dan menyenangkan, karena pada dasarnya semua jenis olahraga akan membawa manfaat kebaikan bagi tubuh, itulah sebabnya tidak ada aturan olah raga apa yang harus dilakukan. Selain meluangkan waktu khusus untuk berolahraga jangan lupa sempatkan waktu disela sela jam padatnya beraktivitas untuk melakukan pemanasan ringan agar kaki dan tangan tidak terasa kaku.

Cara mencegah penyakit jantung

3. Rutin cek tensi

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah gejala penyakit jantung dan stroke adalah dengan rutin mengecek tensi setiap hari, tensi yang normal pada umumnya di bawah 120/80 mmHg. Saat angka melebihi batas yang seharusnya atau  hasil tensi Anda ada di antara 120-139 mmHg, atau justru berada dibawah angka seharusnya berkisar di 80-89 mmHg, ini berartinya Anda memiliki resiko gejala prehipertensi. Meskipun angka tersebut belum dianggap sebagai hipertensi, tetap saja angka tersebut tidak sesuai dengan  acuan normal tensi darah, maka jika tensi darah angkanya meniggi, semakin tinggi pula kemungkinan untuk Anda terkena serangan jantung dikemudian hari. Untuk Anda yang memang sudah terkena hipertensi  jangan lupa untuk selalu pakai obat hipertensi yang sudah diresepkan oleh dokter, bila tekanan darah sudah lebih tinggi dari seharusnya, sebaiknya Segera periksakan tekanan darah Anda ke dokter agar penanganan selanjutnya bisa dilakukan.

4. Membatasi makanan yang mengandung kolesterol

Cara paling ideal untuk menjaga tekanan darah normal dalam tubuh kita adalah dengan mengendalikan asupan kolesterol dan lemak jenuh agar selalu ada dalam batas yang sewajarnya. Jika kadar kolesterol LDL lebih dari 200 mg/dL, sebaiknya Anda mulai berhati-hati. Kadar LDL atau yang biasa disebut kolesterol jahat bila terlalu tinggi dapat menyebabkan yang cukup serius untuk jantung. Jika sebelumnya Anda sudah pernah mengalami serangan jantung, usahakan LDL Anda menjadi 70 mg/dL atau di bawah angka tersebut. Batasi makanan yang dapat memicu bertambahnya kolesterol dalam darah, seperti  daging burger, sosis, mentega, daging berlemak, hingga kue coklat biscuit dan yang lainnya. Intinya, batasi konsumsi gula, garam, lemak, yang berlebih.

Ciri penyakit jantung diusia muda

5. Perbanyak minum air putih makan sayur dan buah

Makanan tinggi serat seperti buah dan sayur dapat membantu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi. Selain itu makanan berserat juga membantu Anda untuk mengelola berat badan yang ideal. Buah buahan seperti Pisang, alpukat dan apel termasuk jenis buah-buahan yang tinggi serat. Sementara sayur seperti bayam wortel dan brokoli termasuk dalam sayuran yang memiliki kadar serat tinggi. Selain banyak konsusmsi sayur dan buah, perbanyak minum air putih juga menjadi salah satu hal yang penting untuk tubuh, kurangnya cairan dalam tubuh akan berdampak pada kesehatan kita.

8. Kendalikan stress yang kita rasa

Cara kita untuk mengendalikan stress sangat berpengaruh pada tekanan darah dalam tubuh, Ketika kita berada di bawah tekanan yang dapat membuat kita stress, maka tubuh memungkinkan untuk memproduksi adrenalin yang pada akhirnya membuat jantung kita bekerja lebih keras dan hasilnya tekanan darah kita bisa meningkat.

Itulah tadi beberapa cara untuk mencegah gejala penyakit jantung dan stroke yang bisa kita lakukan.

Baca juga : Yuk Kenali Penyakit Jantung Sejak Dini

 



Publish Date : 2018-01-31 17:19:26

Sumber : Mencegah Gejala Penyakit Jantung dan Stroke
logoblog

Thanks for reading Mencegah Gejala Penyakit Jantung dan Stroke

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar