Kebaya Muslim Modern dan Cara Perawatannya


Kebaya muslim modern –Kebaya pada zaman dahulu sangat identik dengan pakaian khas wanita Indonesia yang berbahan dasar kain brokat, organdi atau kain koal namun seiring berkembangnya dunia fashion saat ini banyak beredar dipasaran jenis kain brokat kebaya yang divariasikan dengan kain chiffon dan tule. Jenis kain yang memiliki efek glamour bagi sipemakainya ini memang sekarang banyak digunakan untuk pembuatan kebaya modern, termasuk juga untuk kebaya muslim modern. Meningkatnya peminat baju kebaya dikalangan para muslimah membuat para designer lebih kreatif untuk membuat model kebaya muslim modern.

Kebaya Muslim Modern untuk Wanita Berhijab

Hijab belakangan ini memang terus menerus menjadi sorotan populer dikalangan wanita, pesatnya peningkatan wanita pengguna hijab sekarang ini berdampak pada pemilihan model-model baju untuk para hijabers, tak ketinggalan kebaya muslim modern juga menjadi salah satu yang saat ini banyak dicari baik untuk melengkapi acara formal maupun acara semi formal. Untuk Anda yang ingin tampil lebih cantik dan menarik dengan balutan kebaya muslim modern Anda bisa coba untuk kombinasikan kebaya dengan bahan batik, model kebaya seperti ini biasanya banyak sekali dikenakan untuk acara formal seperti menghadiri acara pesta pernikahan, wisuda, bahkan untuk acara akad nikah.

kebaya muslim modern dan cara perawatannya

Mengenal Jenis-Jenis Kebaya

Kebaya yang berbahan dasar brokat ini adalah model kebaya yang masih trend hingga saat ini. Cara supaya kain brokat terlihat tidak transparan adalah dengan menambahkan furing dibagian dalam kebaya memakai warna kain yang netral. Kebaya model ini biasanya banyak dipilih oleh wisudawati karena modelnya yang cantik dan elegan

Model jumputan juga termasuk sebagai salah satu yang banyak dipilih oleh muslimah untuk datang ke acara acara resmi. Pasalnya kebaya jenis ini modelnya sederhana namun tetap bisa menampilkan sisi feminim untuk pemakainya. Untuk mendapatkan kebaya jumputan ini Anda bisa dengan mudah  menemukannya di butik khusus kebaya atau toko-toko kebaya terdekat disekitar rumah Anda.

Jenis kebaya yang satu ini sebenarnya hampir  sama saja dengan jenis-jenis kebaya lain seperti yang sudah kita ketahui, hanya saja yang membuat beda adalah adanya tambahan kain untuk menghubungkan antara sisi kanan dan kiri kebaya di bagian perut dan juga dada. Dalam cara pemakaian jenis kebaya kutubaru ini biasanya akan ada kain yang dililitkan pada perut atau biasa kita kenal dengan stagen / korset agar pemakai kebaya ini bisa terlihat lebih ramping.

Untuk kebaya jawa biasanya memiliki bentuk yang sangat simpel dengan ciri khas potongan leher membentuk huruf V. Motifnya juga biasa dan sederhana sehingga dapat memberikan kesan sederhana bagi pemakainya.

Cara Merawat Kebaya agar Awet dan Tahan Lama

Dalam perawatan kebaya, biasanya kebaya memerlukan cara khusus untuk perawatannya agar kebaya tidak cepat melar, sobek atau bahkan berlubang khususnya untuk kebaya yang memiliki hiasan payet. Jika kebaya yang Anda miliki terlihat kurang awet, coba teliti lagi tentang cara-cara perawatnya. Karena, bisa saja terdapat kesalahan- kesalahan kecil yang kita anggap sepele tapi sebenarnya justru merusak kebaya yang kita miliki. Biasanya sebagian orang lebih memilih untuk mencuci kebaya di pusat pencucian seperti laundry karena dianggap lebih mudah dan praktis, namun sebenarnya jika kita tahu cara-cara penangannya untuk merawat kebaya sebenarnya hal ini lebih mudah untuk kita tangani sendiri. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat kebaya muslim modern yang perlu Anda ketahui:

kebaya muslim modern dan cara perawatannya

  • Perhatikan cara pencuciannya

Teknik untuk mencuci baju kebaya tidak disamakan dengan mencuci baju biasa. sebaiknya amati jenis bahan kebaya yang akan dicuci, dan kira-kira beginilah cara untuk mencuci baju kebaya yang tepat:

– Cuci secara manual agar kebaya terhindar dari kerusakan.

– Perendaman kebaya harus memakai deterjen khusus yang didalamnya sudah terdapat softener agar kebaya Anda tetap wangi dan lembut, namun jangan sesekali memakai detergen yang mengandung pemutih karena ini dapat merusak warna kebaya

– Untuk pengeringan, caranya jangan memeras terlalu keras. Cukup letakkan kebaya di atas handuk setelah itu gulung sambil ditekan perlahan tanpa diperas, hal ini dilakukan agar air yang ada pada kebaya bisa meresap ke dalam handuk.

– Penjemuran kebaya cukup dengan digantung di tempat sejuk, hindarkan dari cahaya matahari langsung, terutama untuk kebaya berbahan tulle dan lace.

model kebaya modern simple

Setelah selesai proses pencucian dan pengeringan, tahapan selanjutnya adalah disetrika, sebelum disetrika sebaiknya lapisi kebaya dengan kain posisikan kebaya agar berada di bawah kain pelapis. Untuk kain yang digunakan sebagai bahan pelapin jenisnya bebas, yang penting kain tersebut aman bila terkena panas setrika. Hal ini bertujuannya agar serat dari kain kebaya tidak rusak saat proses setrika berlangsung.

Hindari penggunaan kamper dalam lemari saat menyimpan kebaya, karena ternyata kamper bisa merusak bahan dari kebaya yang Anda punya. Penggunaan kamper dapat diganti dengan gel silicia untuk menyerap kelembapan dalam lemari agar kebaya tetap kering sepanjang hari.

Demikian beberapa tips yang dapat digunakan untuk merawar kebaya muslim modern yang Anda punya.

Baca juga : Tips Memadukan Batik dengan Baju Sehari-hari



Publish Date : 2018-02-01 09:49:29

Sumber : Kebaya Muslim Modern dan Cara Perawatannya
logoblog

Thanks for reading Kebaya Muslim Modern dan Cara Perawatannya

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar