6 Hal Yang Membuat Blog Anda Sepi Pengunjung


Kamu punya blog? belakangan ini banyak sekali orang yang memiliki blog mulai dari blog pribadi, blog perusahaan hingga blog untuk bisnis. Mudahnya cara membuat blog ikut memicu pertumbuhan yang sedemikian pesat. Bahkan bagi sebuah perusahaan maka kegiatan ngeblog sudah menjadi keharusan untuk ikut meningkatkan prestisius usaha mereka. Blog pribadi yang menuliskan hal-hal bersifat pribadi juga ikut meramaikan komunitas blog hingga sebuah blog yang secara khusus ditujukan untuk mencari uang di Internet.


Jika Anda serius ingin ngeblog banyaklah belajar bagaimana cara membuat blog yang baik dan benar dari berbagai sumber yang bisa ditemukan via Internet begitu banyak tersedia. Banyak sekali blog yang ramai dikunjungi karena manfaat yang bisa didapat juga termasuk blog yang sepi pengunjung karena tidak adanya manfaat yang bisa diambil ketika kita mengunjungi blog tersebut bahkan jadi malas ketika baru melihat tampilannya. Permasalahan yang sering muncul bisa mulai dari hal ringan seperti tautan yang hilang, banyaknya iklan yang tidak proporsional hingga desain tampilan yang buruk.


Berikut ini Saya ingin memberikan gambaran mengapa blog Anda sepi pengunjung dan tidak profesional dan berkesan asal-asalan. Pastikan Anda mengetahui hal-hal di bawah ini dengan pasti dan hindarilah hal tersebut terjadi pada blog Anda.


1. Terlalu Banyak Iklan


Iklan, iklan dan iklan. Percayalah bahwa adanya iklan pada sebuah blog yang berlebihan sangatlah dibenci oleh pengunjung. Pernahkah kamu melihat sebuah blog yang selalu menyuguhkan “pop-up window” berisikan iklan yang berkesan memaksa? Saya yakin pernah dan banyak pemilik blog yang berpikir bahwa dengan melakukan hal tersebut maka mereka akan lebih cepat “kaya raya”. Itu adalah kesalahan yang terbesar karena dalam waktu singkat mereka akan segera meninggalkan blog tersebut.


too-many-ads
(sumber foto: CNET)


Lebih banyak iklan dari pada konten juga akan membuat blog Anda bisa dipastikan sepi pengunjung karena mereka berpikir tidak ada satupun hal penting yang bisa diambil untuk mereka. Memang tidak ada larangan untuk memasang iklan pada blog, namun pastikan blog jumlahnya sesuai dan harus lebih sedikit dari pada konten. Pastikan juga iklan sesuai dengan konten blog Anda karena hal ini akan membuat kesan bahwa blog tersebut memiliki kesamaan konten yang bersesuian.


2. Iklan Yang Mengganggu


Sekali lagi memasang iklan sah-sah saja untuk diletakkan pada sebuah blog. Namun janganlah berlebihan dan ketehuilah bahwa pengunjung blog datang untuk melihat konten dan bukan untuk menonton iklan. Iklan yang berukuran raksasa hingga hampir menutupi sebagian besar halaman blog sangatlah mengganggu. Iklan berjenis “pop-up window” yang selalu tampil ketika kita berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya juga akan membuat pengunjung merasa diganggu kenyamanannya.


pop-ups
(sumber foto: Wikipedia)


Bahkan disaat kita ingin menutup dari blog sekalipun tetap saja ada iklan berjenis “pop-under” yang muncul. Ibaratnya sudah benci maka kehadiran iklan tersebut juga menambah stress pengunjung yang memuncak.


Jenis iklan yang muncul ketika kita menggerak-gerakkan mouse di atas sebuah teks juga cukup mengganggu kenyamanan navigasi dan hal tersebut tentu saja membuat bandwidth internet pengunjung akan tersedot habis dengan cepat ketika sedang nyaman berada pada blog Anda.


3. Terlalu Banyak Tombol Media Sosial


Menyebarkan informasi konten pada sebuah blog ke berbagai media sosial memang hal yang baik untuk ikut meningkatkan trafik kunjungan. Namun pastikan bahwa jumlah tombol tidaklah terlalu banyak dan tidak mengganggu navigasi halaman blog. Letakkan tombol media sosial hanya di satu tempat yang bisa dilihat dengan jelas baik itu di bagian atas artikel atau bawah tulisan. Bisa juga Anda meletakkan tombol tersebut secara “melayang” baik disamping kiri ataupun kanan halaman.


social-media-buttons


Buatlah tombol media sosial terlihat simpel atau sederhana namun punya fungsi yang kuat. Jangan secara berlebihan “memoles” tampilan tombol menjadi 3 dimensi, fancy, glossy dan berukuran besar. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa tombol tersebut bisa memberikan manfaat yang standar dan jangan berlebihan.


4. Desain Yang Buruk


Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika kita mendesain tampilan sebuah blog. Pikirkan jumlah yang seimbang antara konten, gambar, teks dan iklan jika ingin serius mendesain blog Anda. Konten adalah hal yang harus berjumlah lebih banyak ketimbang hal yang lainnya. Adanya gambar pasti akan menambah menarik mata si pengunjung namun jangan lakukan secara berlebihan.


crowded-design


Pada saat seseorang datang berkunjung pastikan mereka akan menemukan konten dengan mudah dan tidak bertele-tele seperti harus mengisikan buku tamu apalagi harus melakukan klik pada sebuah iklan terlebih dahulu. Ingatlah bahwa Anda tidak bisa memasukkan semua hal ke dalam sebuah blog seperti animasi multimedia, video dan hal-hal menarik lainnya. Cukup fokus pada hal-hal penting yang seluruhnya bermanfaat bagi pengunjung blog Anda.


Penggunaan warna yang bersesuaian juga merupakan hal yang sangat disarankan. Jangan gunakan warna yang kontras dan saling berlawanan satu sama lain sehingga akan membuat pengunjung blog Anda sakit mata ketika melihatnya. Jangan gunakan warna putih atau kuning untuk blog yang memiliki latar belakang berwarna terang, silakan pilih warna standar yaitu hitam sebagai teks dan putih sebagai warna latar belakang.


5. Splash Page Yang Memaksa


Begitu seseorang tiba di blog kita ada sebuah metode yang berkesan “memaksa” mereka untuk wajib melakukan sesuatu sebelum membaca konten blog. Hal ini biasanya penawaran untuk berlangganan RSS, berlangganan newsletter, memaksa mereka untuk menyukai Anda di Facebook juga termasuk mem-follow kita di Twitter.


splash-page


Jangan pernah menampilkan hal tersebut ketika mereka belum melihat apapun selain konten Anda di blog. Hal-hal yang Saya tulis di atas jangan pernah dipaksakan pada mereka karena akan membuat mereka membenci Anda. Tempatkan form isian berlangganan RSS dan meminta mereka mem-follow Twitter Anda pada lokasi yang tepat seperti pada bagian bawah tulisan ataupun dibagian atas sidebar.


6. Membajak Konten Blog Lain


Ini adalah satu-satunya alasan paling kuat diantara alasan lain yang membuat sebuah blog bisa dipastikan sepi pengunjung. Walaupun sebuah blog tidak ada satupun iklan yang tampil dan hal-hal yang mengganggu tapi bisa dipastikan blog Anda tidak bisa meraih trafik kunjungan yang signifikan, mengapa? karena selain secara teknis mesin pencari tidak akan melakukan indeks yang berarti juga Anda akan di cap sebagai seorang plagiator.


content-is-king


Belakangan ini banyak orang mengambil jalan pintas untuk memiliki blog yang berkualitas yaitu dengan cara menyalin secara mutlak bulat-bulat konten dari sumber lain di internet. Kegiatan ini juga termasuk melakukan perubahan isi konten asli menjadi berbeda namun maknanya tetap sama. Bagi Anda yang tahu dan pernah melakukan hal ini tanyakanlah pada diri Anda sendiri, apakah pantas kita melakukannya? jika kamu terpelajar tentu tahu hukum hak kekayaan intelektual yang wajib di hormati dan dilindungi dan sebaliknya jika kamu tidak peduli akan hal tersebut maka kamu bukanlah seorang yang terpelajar dan tidak tahu cara bersopan-santun dan memiliki mental “terbelakang”.


Anda sah-sah saja melakukan penyalinan konten dari blog lain namun pastikan Anda memberitahukan sipemilik dengan cara menghubunginya dan mendapatkan izin serta memberikan kredit kepadanya. Saya sendiri menuliskan permintaan untuk melarang menyalin konten ini tanpa izin termasuk pada blog pribadi Saya Yudhitech DotCom. Salah satu sambutan yang kurang menyenangkan langsung mendatangi Saya dengan prasangka yang kurang baik. Mereka yang tidak memahami apa yang Saya tulis tersebut dan langsung mempertanyakan mengapa dilarang? Jika diperhatikan baik-baik maka kita akan memahami bahwa maksud Saya adalah Anda silakan menyalin konten milik Saya namun harus dengan izin dari Saya. Anda bisa dengan mudah membaca sifat orang yang mengecam Saya tersebut yang bisa dikatakan bermental “tempe” dan tidak punya etika serta hati nurani.


Akhir dari bagian tulisan ini punya tujuan satu agar blog Anda ramai dikunjungi oleh banyak orang yaitu fokuslah pada konten yang unik dan tetaplah untuk menuliskan hal-hal yang baik dan bukan mengejar keuntungan semata tanpa memperhatikan apa yang diinginkan oleh para pembaca blog Anda.




Publish Date : 2011-10-07 10:20:10

Sumber : 6 Hal Yang Membuat Blog Anda Sepi Pengunjung
logoblog

Thanks for reading 6 Hal Yang Membuat Blog Anda Sepi Pengunjung

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar